Baru vs Bekas


Setelah sekian lama memakai sistem operasi Windows untuk kerja sehari-hari, akhirnya bulan Mei kemarin saya mulai pakai Macbook Air (M1, 2020). Padahal bisa dibilang saya dulu anti banget sama device dari Apple, simply karena menurut saya overpriced. Namun sejak negara api menyerang ada M1, saya mulai convinced untuk pindah aliran. Tapi tetep aja ngerasa kemahalan kalau beli baru, jadinya nyari yang bekas aja.

Alhamdulillah setelah nyari berhari-hari di marketplace, dapet seken yang ex-display toko komputer. Garansi resminya udah abis, jadi harganya lumayan miring. Tapi ada garansi toko sih 3 bulan. Cycle count baterenya juga baru 34, menurut gw cukup oke sih. So far lumayan puas antara price dan value yang didapat. Maybe best purchase this year.

Lain halnya saat mau beli hape baru setelah 4 tahun, pilihnya yang baru. Kebetulan model yang dipengen udah gak ada di official store, jadinya nyari di pelapak biasa. Tadinya nemu yang jual 2nd, tapi setelah diskusi dengan istri, lebih milih yang baru dan segel resmi. Baru tau lho ternyata ada versi segel repack. Alasan utamanya, gak bisa mastiin yang 2nd itu kondisinya kayak gimana. Jadi pilih jalur aman.

Buat gw, beli sesuatu terutama yang agak mahal kayak laptop & HP, gak selalu harus yang baru. Yang penting: harus bisa pastikan kualitas yang didapat sesuai dengan standar yang kita butuhkan. Kalau poin ini gak terpenuhi, ya udah pilih yang baru aja supaya lebih aman. Kalau uangnya belum ada, ya udah tunda dulu sampe kekumpul uangnya. Walau mungkin nanti muncul edisi baru yang lebih mahal, terus nabung lagi, muncul lagi yg baru, terus aja gitu sampe timnas Indonesia juara piala dunia 😂

comments powered by Disqus