Intermezzo #1


Yak sudah sebulan belum update tulisan. Maklum (sok) sibuk 😆. Jadi kepikiran gimana caranya tetep nulis sesuatu tapi gak makan banyak waktu. Biasa, pas awal-awal semangat pengen publish tulisan tiap 1-2 hari. Ternyata saya orangnya agak perfeksionis, jadi kalau mau bahas suatu topik, harus tuntas dan detil. Jadi agak lama bikinnya, sampe bener-bener puas dan PD untuk dipublish. Akhirnya mikir, gimana ya bikin postingan oke tapi gak makan banyak waktu?

Jawabannya ya: sering-sering nulis.

Sesederhana itu sih sebenernya. Kayak atlit lari, tiap hari latihan lari minimal 10KM. Disuruh ikut lomba 5 atau 10K mah ya kayak latihan biasa aja. Catatan waktunya juga akan relatif lebih cepat daripada yang bukan atlit atau yang gak rajin latihan tiap hari. Buat saya, menulis juga kayak gitu. Kalau emang sering nulis, nantinya bakal naik level terus dari segi kecepatan dan kualitasnya.

Yang paling penting, dan biasanya paling susah, adalah konsistensi. Ini berhubungan dengan kebiasaan atau habit. Kebetulan lagi baca buku Atomic Habit di platform Gramedia Digital*, untuk bikin habit baru itu memang susah-susah gampang sih. Next time coba saya bikin resume-nya deh, kalau udah nyoba sendiri trik-triknya. Uji cobanya adalah untuk bikin habit nulis blog atau konten IG tiap hari.

Nah, dalam rangka uji coba tersebut, kemungkinan saya akan bikin tulisan yang pendek-pendek atau tutorial super singkat. Ini terinspirasi dari channel Laravel Business yang konsisten ngasih tips tentang Laravel tiap hari. Yang saya bahas mungkin bakal mirip-mirip kayak kontennya mereka, atau gak lesson learned dari pengalaman saya sebagai programmer ataupun cofounder.

Bismillah, doakan aku ya! pake nada kontestan takeshi castle

*Saat pos ini ditulis, ada voucher gratis akses Gramedia Digital selama 1 bulan. Caranya: matiin adblocker (kalo pake), cari dan klik banner di kompas.com, lokasinya agak ke bawah sedikit, di antara baris2 berita.

comments powered by Disqus