Laravel 8


Laravel 8 akhirnya sudah rilis di awal september kemarin. Mungkin beberapa orang berpikir, kok cepet banget ya udah versi 8, baru aja upgrade/belajar yg versi 7. Kalau ikutin perkembangannya sih, sebenarnya biasa aja ada rilis versi baru. Kenapa? karena memang sudah jadwalnya.

Seperti yang sudah pernah saya bahas di sini, bulan September ini memang jadwalnya rilis versi mayor untuk Laravel. Nanti bulan Maret 2021, harusnya bakal rilis deh tuh Laravel 9. Setahun lagi, kemungkinan besar akan rilis versi LTS baru,yaitu Laravel 10. Gak tau sih penamaannya akan terus pake integer biasa, atau ngikutin tren hape baru jadi ‘Laravel X’. wkwkwk

Pertanyaan berikutnya, apa yang baru di Laravel 8? Ada buanyak sih, bisa coba dibaca di dokumentasinya bagian release notes. Beberapa yang signifikan menurut saya: package baru untuk auth scaffolding bernama Laravel Jetstream (beserta Laravel Fortify utk backend-nya), perubahan route namespace, dan kemunculan direktori ‘Models’.

Insyaallah nanti saya mau coba bahas satu-satu, mungkin lewat tulisan di blog ini, atau berupa video kayak dulu bikin webinar tentang fitur di Laravel 7. Bismillah!

comments powered by Disqus