Tentang Diet


Kemarin lagi scroll Twitter, nemu utas tentang perjalanan seseorang jalanin diet untuk nurunin berat badan (BB) dengan cara defisit kalori. Singkatnya doi catet dengan detil makanan apa aja yang masuk tiap hari, dan totalnya harus lebih sedikit dari estimasi kebutuhan tubuhnya. Lengkapnya bisa liat di sini. Metode yg pernah gw coba, tapi cuma jalan sebentar.

Cuma jalan sebentar bukan berarti caranya gak works, tapi gw nya aja yg gak konsisten nyatet 😅. Secara teori, emang konsepnya gitu sih, kalori yg masuk harus lebih sedikit daripada normalnya yg dibutuhkan tubuh. Misal untuk sehari-hari normalnya butuh 2500 kalori, kalau cuma makan 1500-2000 kalori, otomatis tubuh bakal nyari sumber lain buat dikonversi jadi energi. Dan biasanya itu diambil dari cadangan makanan a.k.a lemak.

Cuma gw orangnya tuh pengen yang simple2 aja gitu. Mencatat semua kalori yang masuk tuh butuh effort gede buat gw, belum lagi kalau makan masakan rumah, kan gak ada label nutrisinya. Alhasil waktu itu pernah nyoba tp gak sampe sebulan. Sampe akhirnya muncul metode baru yang cukup viral karena dipopulerkan seorang magician yang sekarang jadi podcaster: OCD – bukan yg disorder, tapi obsessive corbuzier diet.

Pas lagi rame, gw coba baca itu apa sih. Belakangan gw baru tau sebenernya itu intermitten fasting, cuma dibungkus aja sama gimmick ala ‘corbuzier’. Secara konsep sebenernya sama: defisit kalori. Cuma yg ini caranya adalah batesin jam makan. Gak perlu catet2 kalori masuk/keluar. Yang penting tau jam boleh atau gak boleh makan (masukin kalori). Tetep butuh disiplin, tapi buat gw lebih simple. Singkat cerita, gw jalanin deh.

Hasilnya, luar biasa. It works for me!

Gw lupa sih waktu itu turun berapa kilo, yang pasti terlihat cukup bagus pas foto nikahan 🤣. Namun sayangnya, abis nikah gak dijalanin lagi, alhasil meroket naik 15++ kg, wkwkwk (istri gw pasti ketawa miris kalo baca ini xD). Beberapa kali mau coba lagi OCD, tapi adaa aja alesan buat nunda2. Dan beberapa minggu lalu akhirnya tersadar, gak boleh nih gw kayak gini terus. Aseek..

Yap, sekarang gw lagi coba jalanin lagi intermitten fasting. Alhamdulillah udah jalan sekitar 2 minggu lebih, dan hasilnya udah mulai kelihatan. Mungkin karena emang udah overweight banget sih ya, jadi progressnya mayan berasa. Misal celana panjang yang tadinya ngepas di paha, jd agak longgaran. Iket pinggang yg biasanya berakhir pas di selipan, jadi ada lebihannya.

Hal berbeda yang bisa bikin gw bisa mulai konsisten lagi, adalah penerapan tips2 dari atomic habit-nya james clear: permudah, immediate result, rewarding. Gw lupa sih istilah2nya, buat yg udah baca harusnya ngerti lah. Gw pake apps buat track jam makan/puasa. Rajin2 minum supaya gak kegocek sama otak yg lg craving dopamin dari makanan. Dan beberapa hari sekali nimbang dan dicatet. Semoga bisa jadi habit baru yang positif.

Btw, kenapa gw pilih metode IF ini?

  1. caranya relatif simple, cukup tentuin jam makan & puasa. puasa di sini bukan puasa kayak di bulan romadhon, tapi puasa gak masukin kalori apapun. jadi masih bisa minum.
  2. masih bisa makan macem2, walaupun tetep jangan berlebihan kayak dirapel
  3. bisa sekalian puasa sunnah. karena gw muslim, jadinya bisa banget disambi bareng puasa sunnah. kalo niat mah ya urusan masing2 aja lah.

Kurang lebih itu sih. Dibanding defisit kalori dengan mencatat apa yg dimakan, gw lebih pilih ini. Kalau bisa jalanin dua2nya, wah mungkin lebih dahsyat lagi hasilnya. Sebenernya buat nurunin berat badan mah bukan metodenya yg penting, tapi jalaninnya harus konsisten. Caranya mah sesuai preferensi aja. Tapi ya bagus juga kalau ada landasan teori ilmiahnya. wkwkwk

Good luck for all of us who wants to be healthier and better person!

comments powered by Disqus